Serba Serbi Cara Mengatasi Galau

Jika Anda jeli, akhir-akhir ini ada sebuah kata yang sering diucapkan remaja maupun dewasa untuk menggambarkan suasana hati pun pikiran yang sedang dalam kondisi yang kurang menyenangkan. Galau. Ditinggal pacar, si A galau. Ujian tidak lulus, si B galau. Makanan kurang enak, si C galau. Semua kondisi seolah cukup dijelaskan dengan kata “galau” dan orang-orang seketika akan memahami apa yang Anda rasakan. Virus penggunaan kata “galau” ini memang sedang merebak . Apakah Anda salah satu yang terkena trend virus galau? Sering merasakan kebutuan saat galau melanda? Hati-hati, meski terkesan remeh, tetapi galau akut juga bisa berujung pasa keputusan konyol semisal bunuh diri loh! Nah, untuk menghindari hal tersebut, silahkan simak dan terapkan tips dan cara mengatasi galau yang paling jitu berikut ini.

Galau itu apa sih?

Sebelum membedah cara mengatasi galau, ada baiknya jika kita berkenalan dengan kata galau dimulai dari pengertiannya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pada halaman 407 dituliskan bahwa galau adalah:


“galau” berarti kacau (tentang pikiran); “bergalau” berarti (salah satu artinya) kacau tidak keruan (pikiran); dan “kegalauan” berarti sifat (keadaan hal) galau.

Dengan merujuk pada defenisi Kamus Besar Bahasa Indonesia ini, maka kita bisa menyimpukan bahwa galau sebenarnya berarti keadaan dimana seseorang tidak sanggup berpikir jernih sebab ia sedang kacau. Galau erat kaitannya dengan kacau, ini berarti dia juga “bekerabat” dengan kata kalut, kalang-kabut, dan kusut. Pernah mengalami hal demikian?

Sebenarnya, galau bisa melanda siapapun di usia berapapun dan dengan alasan apapun. Selama Anda masih memiliki pikiran maka Anda tetap potensial terkena virus galau. Lantas, bagaimana mengatasinya? Ikuti cara taktis berikut ini.

Pertama: Hadapi Jangan Bersembunyi!

Banyak di antara kita yang lebih memilih mendiamkan masalah hingga akhirnya ia berlarut-larut. Masalah yang didamkan akan semakin membuat Anda galau sampai tingkat dewa. Hadapi bukan dengan emosi tapi dengan kepala dingin. Jika Anda memang ingin menyepi, bukan hal yang salah. Namun, menyepi dari hingar bingar masalah bukan berarti menghindarinya. Menyepi ke tempat yang menyenangkan sambil memikirkan solusi terbaik adalah trik paling jitu menuntaskan biang galau.

Kedua, Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri!


Jika Anda galau karena hubungan Anda dengan seseorang menjadi buruk, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengoreksi hal-hal buruk dalam diri Anda. Namun, mengoreksi bukan berarti menyalahkan diri loh ya! Mengoreksi adalah mengeleminasi semua sikap dan sifat buruk kita. Bukan untuk menangisi mereka yang meninggalkan kita, tetapi untuk menyambut seseorang terbaik di masa depan kita.

Ketiga, Naik Kelas Ya Ujian Dong!

Semua orang ingin jadi yang terbaik, namun tak meyadari bahwa salah satu batu loncatan untuk menjadi baik adalah dengan menyelesaikan ujian sebaik mungkin. Jangan hanya galau, tapi pikirkan cara terbaik untuk menyelesaikan ujian tersebut. Semua hal yang sulit diciptakan berdampingan dengan kemudahan. Tugas kita hanya mencarinya. Jadi saat galau jangan lupa cari jawaban untuk menyelesaikan ujiannya ya!

Keempat, Coklat dan Coklat!

Salah satu cara mengatasi galau adalah dengan mengkonsumsi coklat. Senyawa di dalam coklat akan membuat Anda bahagia dan rileks. Selain coklat, tak ada salahnya jika Anda rajin berkumpul dengan sahabat dan sharing. Ingat, someone will caring if you sharing! Berkumpul sambil menonton sinema komedi juga hal yang akan membantu galau Anda perlahan hilang.

Kelima, Berolahraga!

Untuk mendapatkan pikiran yang sehat dan jauh dari galau, tentu kita terlebih dahulu harus memiliki tubuh yang sehat. Lakukan beberapa kegiatan yang menyehatkan juga meditasi jika perlu. Ini akan sangat menolong Anda! Selain itu, jangan lupa makan makanan yang sehat pula!

Keenam, Mengungsi Dalam Doa!

Cara mengatasi galau
yang paling ampuh tentunya mengungsi dalam doa yang panjang dan ibadah yang khusyu’. Dengan berdoa, secara tidak langsung Anda sedang bercerita pada diri Anda sendiri. Dan hal tersebut akan membuat pikiran Anda yang sedang galau lebih tenang. Saat kita beribadah, ada semacam kelegaan yang membalut hati yang kusut. Saat kita galau memilih, Tuhan Akan membantu kita. Yang kita butuhkan hanyalah percaya bahwa Tuhan itu tempat paling nyaman untuk mengadu. Jadi, saat galau melanda segera cari Tuhan dalam doa maupun ibadah.